Background

Monday, September 20, 2010

LEBARAN 2010

Sebenernya ini tugas TIK dari Pak Wijaya jadi harus pakai Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Oke, Pak Wijaya minta kita buat cerita tentang liburan kemaren minimal 400 kata dan harus dipost di blog. Jadi akhirnya saya buat blog baru deh, langsung cerita aja yaa

Seperti lebaran sebelumnya keluarga saya selalu mudik ke kampung halaman. Biasanya saya dan keluarga mudik dengan mobil atau sesekali menggunakan pesawat. Yang terpenting dari libur lebaran yaitu mudik bersama keluarga besar saya ke Jogjakarta. Sayangnya pada tahun ini saya berangkat mudik tidak bersama saudara-saudara saya, karena orang tua mereka memiliki waktu untuk libur kantor yang berbeda dengan keluarga saya. Suatu hal yang sangat menarik tentang lebaran adalah perjalanan saat mudik dan kumpul keluarga. Menurut saya perjalanan mudik dengan mobil lebih mengesankan dibandingkan dengan mudik dengan pesawat. Mudik menggunakan mobil terasa tidak terlalu lama dan menyenangkan jika bersama saudara-saudara. Tapi jika mudik dengan pesawat sangatlah singkat dan tidak berkesan diperjalanan.
sayangnya pada tahun ini perjalanan pasti akan sangat lama dan membosankan karena tak satu pun saudara saya yang ikut mudik bersama keluarga saya. Kumpul keluarga itulah yang saya tunggu di momen lebaran karena keluarga besar saya jarang bertemu karena pekerjaan masing-masing. Jadi bulan lebaran adalah saat yang sayatunggu dalam satu tahun.

Akhirnya pada tahun ini saya berangkat mudik bersama ibu, bapak, dan kakak saya menggunakan mobil.Pada tahun ini keluargaku merencanakan untuk mudik pada H-2 atau dua hari sebelum lebaran. Akhirnya pada tanggal 8 September 2010 pukul 22.00 saya dan keluarga berangkat ke Jogja. Selama diperjalanan menuju Jogja aku sudah memperkirakan seperti apa kaondisi jalanan. Apakah macet atau lancar? Seperti yang sudah kuperkirakan jalanan sanagat macet. Jalanan dipenuhi oleh pemudik yang menggunkan kendaraan. Tetapi jalanan lebih didominasi oleh sepeda motor dan mobil. Biasanya jika bermudik saya akan sampai di Jogja dalam waktu 12 jam atau kurang. Tapi aku tidak yakin besok siang akan sampai disana karena macetnya jalanan. Diperjalanan yang saya lakukan hanyalah tidur, bangun, makan, dan tidur lagi. Tidak sperti yang lain yang sibuk berbicara tentang macetnya jalanan. Akhirnya sampailah aku di Jogja pada pukul 17.30 disaat buka puasa keesokan harinnya. 20 jam lebih saya mudik ke Jogja.

10 September 2010, pada tanggal itulah semua umat muslim melakukan Sholat Ied atau Sholat Idul Fitri. Untunglah pada hari itu semua keluarga besarku berkumpul dan melakukan sholat ied di Stadion Mandala Krida yang dekat dengan rumah tante saya. Pukul 06.30 saya dan keluarga berangkat sholat ied dan sholat dimulai pada pukul 07.00. Setelah sholat kami kembali menuju rumah dan akan melakukan halal bihalal dengan seluruh keluarga. Halal bihalal dengan keluarga selesai dan kami berfoto bersama keluarga besar.

Selama di Jogja saya dan saudara-saudara berziarah kemakam keluarga, bersilaturahmi kerumah keluarga yang ada di Jogja, jalan-jalan ke malioboro, nonton film di bioskop, dan mengunjungi Candi Boko. Dari kelima tempat yang kami kunjungi yang paling berkesan adalah Candi Boko. Karena di candi ini kita masih bisa melihat daerah pedesaan dan candi-candi yang tersisa disana.Itu sangatlah menarik.

Akhirnya pada tanggal 15 September 2010 pada saat selesai sholat subuh keluarga saya pulang menuju Jakarta menggunakan mobil. Perjalanan pulang juga sama dengan perjalanan berangkat. Yang jelas sama-sama macet dan melelahkan. Akhirnya setelah 15 jam perjalanan pulang pada pukul 21.00 sampailah saya dan keluarga di Jakarta.